Senin, 25 Oktober 2010 | By: Lusiana Indrasari

TEKNIK PEMFOKUSAN


Membaca cepat sering kali membuat kita tidak konsentrasi dengan yang dibaca dan akhirnya membuat pembaca tidak mengerti makna dari bacaan tersebut. Hal tersebut disebabkan karena tidak fokusnya para pembaca terhadap isi dari bacaan tersebut. Pada umumnya membaca cepat hanya mementingkan bagaimana bacaan dapat diselesaikan dengan cepat.

Teknik pemfokusan disini merupakan bentuk membaca cepat untuk menemukan informasi tertentu dalam bacaan. Informasi yang ingin diperoleh ada beberapa macam. Informasi tersebut biasanya berhubungan dengan pengumuman hasil ujian, mencari istilah-istilah seperti dalam kamus, mencari nomor telepon, dll. Bahkan jika kita memesan menu makanan disuatu restoran sebenarnya kita sudah menggunakan teknik pemfokusan dalam membaca.

Dalam teknik pemfokusan bentuk teks bacaan menentukan informasi yang diperoleh. Perbedaan teks bacaan juga menentukan perbedaan cara yang ditempuh untuk memperoleh informasi dengan cepat. Meskipun ada kemungkinan perbedaan, secara umum membaca cepat dengan teknik pemfokusan, gerak mata dalam membaca bukan dari atas ke bawah sebagaimana teknik penyisiran, melainkan berpindah-pindah sesuai dengan fokus informasi yang dicari.  Oleh karena itu beriku beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membaca capat dengan menggunakan teknik pemfokusan :

1. Tentukan dan ingat-ingat dengan baik informasi yang ingin dicari dan perhatikan bentuk teks bacaannya !
2. Gerakan pandangan mata sesuai dengan fokus informasi yang telah ditentukan ! apabila teks bacaannya berupa kamus, berarti anda harus perhatikan kelompok dan urutan huruf. Apabila berupa iklan baris, anda harus perhatikan tulisan yang biasanya sicetak tebal atau dengan huruf besar sebagaimana termuat dalam setiap kolo.
3. Usahakan tidak berhenti menggerakan mata sampai fokus informasinya diperoleh dan dipahami.

0 komentar:

Posting Komentar