Jumat, 05 Februari 2010 | By: Lusiana Indrasari

POLIGON pada PASCAL


I.             Pengertian Grafik Poligon
Dari penjelasan diatas dapat diketahui penggunaan grafik pada pascal yang merupakan tahap pertama dari pembuatan grafik-grafik yang diinginkan melalui pemograman pascal. Poligon merupakan salah satu macam grafik yang dapat dibuat dengan pemograman pascal. Poligon digunakan untuk mewakili bentuk obyek gambar dengan cara merepresentasikan tepi obyek (boundary) dengan poligon. Pengenalan obyek gambar dapat dilakukan melalui pengenalan poligon. Poligon adalah bidang datar dengan tiga atau lebih sudut yang dikelilingi oleh
sebuah segmen garis lurus yang membentuk sebuah kurva tertutup sederhana.

II.           Membuat Grafik Poligon
Poligon atau segi banyak (polygon) dapat dibuat dengan prosedur standard Line atau LineTo atau LineRel. Disamping itu, Turbo Pascal juga menyediakan suatu prosedur standard yang dapat dipergunakan untuk membuat poligon, yaitu DrawPolly.
NumPoints adalah jumlah dari koordinat titik-titik poligon. PolyPoints adalah variabel larik yang berisi titik-titik koordinat poligon dengan tipe PointsType  yang sudah didefinisikan sebagai berikut :
Type
    PointType = record
                  X,Y : integer;
End;    


A.  Syntax yang digunakan untuk membuat Poligon


§  Line
Untuk membuat garis dari koordinat (x1,y1) sampai dengan koordinat (x2,y2).
Syntax :
Line (x1,y1,x2,y1 : integer);
§  LineTo
Untuk membuat garis dari posisi yang terakhir kali sampai di koordinat yang tertentu.
Syntax :
LineTo (X,Y : integer);
§  LineRel
Untuk menambah garis secara relatif dari titik terakhir kali.
Syntax :
LineRel (Dx,Dy : integer);
§  DrawPoly
Untuk penggambaran poligon.
Syntax :
DrawPoly (NumPoints : word;
 var
 PolyPoints);
§  FillPoly
Untuk mengarsir atau mengecat poligon yang telah dibuat.
Syntax :
FillPoly (NumPoints : word;
Var
PolyPoints);

Prosedur ini akan menghitung perpotongan titik-titik horizontal dan kemudian mengecat atau mengarsir poligon menggunakan bentuk dan warna yang telah didefinisikan dengan prosedur standard SetFillStyle atau SetFillPattern. Bentuk dan warna garis luar dari poligonnya dapat ditentukan juga dengan prosedur standard SetFillStyle.
Untuk SetFillStyle sintaknya adalah sebagai berikut :
SetFillStyle (Pattern : word
 Color    : word);
            Bila pattern dari arsir akan dibentuk sendiri, maka dapat dipergunakan prosedur standard SetFillStyle dengan sintak :
            SetFillPattern (Pattern : FillPatternType;
     Color   : word);

0 komentar:

Posting Komentar