Kamis, 25 Februari 2010 | By: Lusiana Indrasari

MENGULAS SISTEM OPERASI

Seperti yang telah diketahui bahwa komputer terdiri dari beberapa perangkat penting yang dapat membuat komputer menyala seperti hardware, software, sistem operasi, dan user itu sendiri. Dari semua perangkat diatas apabila salah satunya tidak mendukung maka komputer tidak akan berjalan dengan baik. Untuk itu perlu adanya kerja sama antar komponen tersebut.
Dalam hal ini komputer tidak lepas dari peran Sistem Operasi itu sendiri. Perlu diketahui bahwa Sistem Operasi merupakan suatu software induk yang disusun sedemikian rupa untuk memungkinkan software-software pendukungnya bekerja. Maksudnya adalah sistem operasi sebagai pengatur dan pengelola semua sistem komputer seperti menjalankan semua aplikasi dalam komputer dan bagaimana cara mengelolanya agar tidak terjadi benturan pada saat menjalankan aplikasi secara bersamaan agar aplikasi lain tidak terganggu. Sehingga sistem operasi bertugas untuk menjalankan semua tugas penting dalam komputer.
Seiring dengan perkembangan jaman Sistem Operasi hanya dapat menjalankan satu aplikasi saja dalam waktu bersamaan seperti DOS namun dengan perkembangan teknologi kini Sistem Operasi sudah semakin maju yaitu dapat membuka aplikasi lebih dari satu secara bersamaan tanpa menggangu aplikasi lain. Sistem Operasi ini disebut sebagai Operating System Multy-tasking. Untuk itu kita semakin dimudahkan dengan kehadiran Sistem Operasi Multy-tasking ini. Setelah hadirnya Operating System Multy-tasking maka layanan-layanan yang ada terus di tambah dan diperbarui, salah satunya adalah layanan internet. Kini di setiap sistem operasi dilengkapi dengan layanan internet yang tadinya tidak dibutuhkan namun seiring perkembangan jaman layanan internet ini sangat dibutuhkan. Sistem operasi ini juga sebagai pengaman bagi komputer dari serangan virus dan juga hacker.
Sistem operasi tentu tidak lepas dari program aplikasi yang menjadi bagian dari sistem operasi ini. Untuk dapat menjalankan sebuah program aplikasi tentu harus dihubungkan dengan sistem operasi yang digunakan. Dengan menggunakan Application Programming Interface (API) maka program aplikasi dapat berkomunikasi dengan sistem operasi yang digunakan untuk menjalankan sebuah aplikasi.
Adapun proses bagaimana sistem operasi itu berjalan ialah sistem operasi dapat menjalankan beberapa tugas dalam waktu bersamaan tetapi ada beberapa sistem operasi yang hanya dapat menjalankan sistem opreasi dalam satu operasi saja. Pada dasarnya komputer hanya memiliki satu processor saja untuk menjalankan sistem operasi ini tetapi dalam sistem operasi multitasking sebenarnya processor hanya melakukan satu tugas satu saja dalam satu waktu, kemudian processor berpindah secara cepat untuk melakukan tugas lainnya sehingga kita menganggap komputer melakukan beberapa tugas dalam waktu bersamaan tapi pada kenyataannya tidak begitu. Setiap proses dalam sebuah sistem operasi mendapatkan Process Controll Block (PCB) sebagai ID dari proses tersebut. Lalu menjalankan proses tersebut dan proses yang memiliki prioritas tinggi yang akan dijalankan lebih dulu dibandingkan dengan proses perioritas rendah.

0 komentar:

Posting Komentar