Jumat, 05 Februari 2010 | By: Lusiana Indrasari

GRAFIK pada PASCAL


I.                  PENDAHULUAN

Layar komputer selain dapat beroperasi pada mode teks, juga dapat beroperasi pada mode grafik. Dengan adanya kemampuan ini, banyak hal yang semula tidak dapat dilakukan pada mode teks dapat dilakukan pada mode grafik, seperti membuat atau menampilkan gambar di layar komputer. Selain itu, mode grafik dapat digunakan untuk memvisualisasikan grafik persamaan matematika. Karena mode grafik berbeda dengan mode teks, maka pemrogramannya pun berbeda pula. Pascal telah menyediakan prosedur dan fungsi khusus untuk pemrograman pada mode grafik.
Unit standard Graph menyadiakan suatu pustaka lebih dari 50 buah rutin grafik yang dapat dipergunakan untuk keperluan pembuatan grafik. Untuk membuat grafik dengan fasilitas ini, maka unit standard Graph harus disebutkan dalam program. Disamping file TURBO.TPL yang berisi unit standard Graph, satu atau lebih file dengan extention.BGI yang merupakan grafik driver juga harus ada. Grafik driver ini menunjukkan graphic adapter yang dipergunakan untuk monitor.
Tiap-tiap driver berisi kode dan data yang diperlukan supaya grafik dapat ditampilkan di layar, karena tiap-tiap layar yang menggunakan graphic adapter tertentu mempunyai karakteristik yang berbeda-beda.
II.               Mengaktifkan Grafik
Untuk memulai mengaktifkan grafik, maka prosedur standard pascal yang digunakan yaitu InitGraph yanng harus disebutkan terlebih dahulu dengan sintak :
            InitGraph(var GraphDriver: integer; var GraphMode: integer; DriverPath: string);

Pada prosedur di atas, diperlukan tiga buah parameter :
1. GraphDriver : definisi tingkat kedalaman warna monitor,
2. GraphMode : definisi resolusi monitor,
3. DriverPath : lokasi file driver yang digunakan, jika menggunakan file khusus, biasanya tidak perlu sehingga bisa dikosongkan.

Jika ingin menggunakan Color Graphics Adapte (CGA), maka graphics
driver yang harus disebutkan adalah CGA atau nilai konstanta 1. Jika tidak mengetahui graphics adapter yang dipergunakan, maka dapat dilakukan pendektesian secara otomatis (autodetection) oleh Turbo Pascal, yaitu dengan menggunakan konstanta Detect atau nilai 0.
            Pada sintak prosedur standard InitGraph, GraphMode adalah mode grafik yang dipergunakan untuk driver bersangkutan. Jika menggunakan autodetection, maka mode grafik juga akan dipilih secara otomatis. Sebaliknya jika tidak secara autodetection, maka GraphMode juga harus disebutkan.
            Pada sintak prosedur standard InitGraph, DriverPath menunjukkan directory letak dari file graphihcs driver di disk. Bila file graphics driver terletak di current directory, maka DriverPath dapat ditulis dengan nilai kosong (“). Jika file graphics driver di directory yang lain, maka directory letak graphics driver harus disebutkan.
III.           Mengakhiri Penggunaan Grafik
Prosedur standard CloseGraph dapat digunakan untuk mengakhiri
penggunaan grafik dan menyebabkan keadaan kembali pada mode layar semula sebelum mode grafik dipergunakan. Jika keadaan semula adalah layar teks, maka CloseGraph akan mengakibatkan kembali ke keadaan mode layar teks.


0 komentar:

Posting Komentar