Jumat, 11 Februari 2011 | By: Lusiana Indrasari

PROGRAM BUSWAY


Pada awal tahun 2004 pemerintah DKI bekerja sama dengan Dinas Perhubungan DKI Jakarta meluncurkan Program Busway untuk mengatasi kemacetan lalu lintas. Program busway ini menjiplak Program Pemerintah Bogota, Kolombia.
Bus Busway bernama Transjakarta. Bus ini mempuyai jalur khusus dari Blok M ke kota pergi –pulang. Jarak yang ditempuh kurang lebih 12,5 kilometer ditempuh dalam waktu 48 menit. Bus transjakarta ini bermesin Hino dan Mercedes.
Secara fisik, Bus Busway tidak jauh beda dengan bus-bus umum lainya, namun interior bus ini benar –benar istimewa. Bus yang harganya hampir Rp 1 milyar itu dilengkapi 10 kapak kecil ukuran 10 cm warna kuning.
Tulisan ”Pecahkan kaca dalam kondisi darurat” tertempel di kaca samping bus. Selain itu, tabung pemadam kebakaran, kotak P3K, dan dongkrak kecil tampak menjembul dari bawah kursi sopir.
Suara lembut seorang wanita dalam bahasa Indonesia dan bahasa inggris yang berasal dari layar petunjuk halte memberi tuntunan bagi para penumpang tentang nama halte yang akan di singgahi. Di samping layar, terpampang pula sebuah jam sebagai petunjuk waktu. Bus Busway memiliki enam pintu.


Dikutip dari Koran Tempo
Dengan perubahan seperlunya.

0 komentar:

Posting Komentar