Jumat, 11 Februari 2011 | By: Lusiana Indrasari

JENIS MOTIF HIAS PADA KARYA SENI RUPA NUSANTARA


1. Keragaman Seni Rupa Nusantara
     Seni rupa merupakan ungkapan perasaan serta perwujudan gagasan yang diwarnai oleh nilai-nilai budaya nusantara. Seni rupa di setiap daerah memiliki ciri khas masing-masing sesuai dengan keadaan, kebiasaan penduduk, agama yang dianut, dan juga kehidupannya. Perbedaan ciri khas seni rupa di suatu daerah akan berpenngaruh terhadap perbedaan motif hias. Jadi, setiap daerah memiliki keunikan motif hias, baik dari tema, objek, simbol, maupun tekniknya.

2. Jenis Motif Hias Pada Karya Seni Rupa Nusantara
     Motif hias pada karya seni rupa nusantara beragam jenisnya. Motif hias tersebut dapat menggunakan berabagai ragam hias. Contohnya, motif binatang, motif yanfg menampilkan tubuh manusia, dan motif tumbuhan. Motif tumbuhan pada motif hias dapat berupa motif sekuntum bunga, sehelai daun, dan setangkai bungalengkap dengan daunnya atau tumbuhan yang merambat. Beragam jenis motif hias memiliki fungsi, yaitu :
a. Menghias bidang kosong pada karya seni rupa.
b. Fungsi simbolis.

3. Sikap Apresiasi terhadap Keunikan Motif Hias Karya Seni Rupa Nusantara
     Sikap apresiasi terhadap karya seni rupa adalah kemampuan untuk menikmati dan menghargai karya seni rupa melalui kegiatan pendalaman, penghayatan, dan pengalaman berkarya. Seseorang dapat mengapresiasi suatu karya seni, jiaka ia mengerti, memahami, dan dapat menilai melalui kepekaan dan rasa keindahannya.
Apresiasi seni dapat dilakukan secara bertahap, yaitu dengan cara mengamati terlebih dahulu, kemudian mengenali, dan menggunakan akktivitas indrawi melalui pengalaman berkarya.

0 komentar:

Poskan Komentar