Sabtu, 19 Desember 2009 | By: Lusiana Indrasari

KEGIATAN MANAJEMEN


Dalam membangun sebuah perusahaan yang baik tentu saja tidak lepas dari proses menajemen dalam perusahaan  tersebut dan bagaimana proses tersebut dikelola dengan baik sehingga kegiatan manajerial tersebut dapat di jalankan sesuai dengan tujuan. Kegiatan manajemen yang baik tentu didukung oleh orang yang mengatur proses manajerial tersebut yang biasa disebut manajer. Manajer adalah orang yang berperan penting bagi majunya sebuah perusahaan karena manajer mengatur seluruh kegiatan manajerial. Dilihat dari latar belakang manajer tersebut maka manajer tentu saja memiliki kegiatan manajemen yang harus dijalankan. Adapun kegiatan tersebut maliputi :
1. Planning (perencanaan)
Pada bagian ini manajer bertugas untuk membuat perencanaan yang mesti dijalani oleh perusahaan baik dalam bentuk pemikiran ataupun dugaan-dugaan. Tidak hanya itu seorang manajer harus menentukan perioritas-perioritas utama yang mesti dipilih dan menetapkan terget sesuai tujuan.
2. Organinzing (pengorganisasian)
Manajer membuat program kerja dan menyusun kegiatan kerja tersebut untuk dilakukan oleh karyawan berdasarkan fungsi-fungsinya secara tepat.
3. Motivating (pendorong)
Dalam hal ini manajer dituntut tidak hanya menjadi manajer yang berhasil dalam kegiatan manajemen saja tetapi manajer harus menjadi seorang motivator yang baik. Sebagai motivator manajer di tuntut untuk memberikan motivasi berupa dorongan semangat bagi para pekerja agar memiliki rasa kerelaan dalam melaksanakan pekerjaannya. Oleh sebab itu manajer harus membuat strategi untuk medorong semanagat para pekerja seperti pemberian bonus jika penghasilan target sudah dipenuhi, kenaikan jabatan, pengembangan karir dan pemberian fasilitas.
4. Controlling (pengendalian)
Manajer melakukan pengawasan terhadap kegiatan kerja yang sudah dilakukan agar mengetahui apakah program tersebut sudah sesuai dengan yang direncanakan atau tidak dan mengevaluasinya agar dapat berjalan sesuai dengan target untuk mencapai tujuan yang diinginkan.
5. Staffing (penempatan)
Pemilihan tempat bagi para karyawan di suatu perusahaan merupakan hal yang penting karena apabila menempati karyawan sesuai dengan fungsinya secara teapt maka kegiatan manajemen tersebut dapat berjalan dengan lancar.
Setelah mengetahui kegiatan manajemen tersebut maka seorang manajer sangat dibutuhkan sekali dalam kegiatan manajemen karena seorang manajer mempunyai peran yang  penting dalam hal mengatur kegiatan perusahaan.

0 komentar:

Posting Komentar