Selasa, 05 Januari 2010 | By: Lusiana Indrasari

PREDIKSI VIRUZ 2010


User mulai di takutkan kembali oleh para pembuat viruz, kenapa demikian ? karena viruz memang tidak ada matinya. Di tahun 2010 viruz masih menjadi momok yang menakutkan bagi kita para pengguna komputer. Viruz dapat membahayakan komputer kita dan data-data yang ada dalam komputer.
Di tahun 2010 ini kemungkinan viruz-viruz yang akan hadir masih di dominasi dengan wajah-wajah lama seperti convicker. Viruz ini merupakan viruz internasional yang cukup membahayakan bagi komputer karena viruz ini dapat mengupdate sendiri sehingga viruz selalu diperbarui. Convicker ini masih menjadi nomor satu ditakutkan di tahun 2010. Selain convicker viruz autoit juga akan diprediksi hadir di 2010. Viruz ini menyebar melalui instant massaging yaitu Yahoo Massanger (YM). Maka bagi anda yang suka chating dengan YM berhati-hatilah kerena viruz ini secara tidak langsung dapat memasuki komputer kita selagi kita chating. Viruz lokal yang paling membahayakan ialah WM Player karena file ini akan mengahapus semua file-file media seperti foto, video, film, dll. Kenapa membahayakan ? karena viruz ini dapat menghapus semua file media tanpa kompromi. Maka jangan kaget jika file media anda hilang atau terhapus, itu karena komputer anda terserang viruz WM Player. Viruz ini sulit dihapus maka viruz ini cukup menakutkan bagi para user yang kerjanya menggunakan media.
Trojan rupanya masih exist di 2010. Trojan dapat menyebarkan viruznya ke komputer melalui USB. Trojan cukup berbahaya karena dapat mencuri password kita atau data-data kita. Trojan dapat berasal dari web, email, dll.
            Penyebaran viruz ini masih banyak disebabkan oleh USB. Untuk itu kita perlu berhati-hati dalam penggunaan USB pada komputer kita. Selain itu hal yang dapat dicegah dalam penyebaran viruz ialah hindari pembukaan situs-situs yang tidak resmi atau situs-situs kotor seperti pornografi, film bajakan, dll. Karena situs tersebut yang paling rentan di kunjungi oleh viruz.
Di jaman yang serba canggih ini tidak perlu khawatir oleh kedatangan viruz karena sudah ada sistem operasi yang dapat melindungi komputer dari viruz seperti Linux. Windows juga tidak mau kalah dalam mengatasi masalah viruz ini maka windows mengeluarkan versi terbarunya yaitu Windows7. Kelebihan dari Windows7 berupa autorun yang disable ( autorun secara otomatis mati atau berupa dialog jika ingin dimatikan atau tidak) jadi viruz tidak akan menyebar lewat USB.
Saran saya sebagai orang awam untuk menghindari terinfeksi viruz maka gunakanlah antiviruz. Sudah banyak antiviruz yang menyediakan free edition. Untuk kita sebagai pengguna rumahan maka tidak salah menggunakan antiviruz yang free edition. Karena sebenarnya tidak jauh berbeda dengan antiviruz yang bayar. Antiviruz yang menjadi andalan di 2010 masih dipegang oleh Avira, AVG, dan Pisiturs. Pisiturs ini sama seperti Norton cukup baik dalam mendeteksi viruz.
Pada dasarnya antiviruz yang sudah ada sekarang mengatasi masalah hanya berupa mencegah viruz itu masuk ke dalam komputer tetapi tidak dapat mengobati komputer yang sudah terkena viruz. Namun tidak perlu khawatir sudah ada perkembangan antiviruz lokal yang dapat mangatasi viruz dengan menobati komputer yang sudah terkena viruz.
Selain penggunaan antiviruz sebagai orang awam tidak ada jalan lagi yaitu harus menggunakan sistem operasi yang mengatasi permasalahan viruiz seperti Linux dan Windows7.

0 komentar:

Posting Komentar